➊ Kitab Fathul Qorib halaman 63:
(وَلَا يَبِيْعُ) أَيْ يَحْرُمُ عَلَى الْمُضَحِّيْ بَيْعُ شَيْءٍ (مِنَ الْأُضْحِيَّةِ) أَيْ مِنْ لَحْمِهَا أَوْ شَعْرِهَا أَوْ جِلْدِهَا. وَيَحْرُمُ أَيْضًا جَعْلُهُ أُجْرَةً لِلْجَزَارِ وَلَوْ كَانَتِ الْأُضْحِيَّةُ تَطَوُّعًا. اهـ
Artinya:
(Dan tidak boleh menjual), maksudnya haram atas mudlohhi [orang yang berqurban] menjual sedikit saja (dari qurban) baik dagingnya, bulunya atau kulitnya. Dan haram juga menjadikannya sebagai ongkos/upah untuk penjagal, walaupun keadaan qurban itu adalah qurban yang sunat. Selesai
(Dan tidak boleh menjual), maksudnya haram atas mudlohhi [orang yang berqurban] menjual sedikit saja (dari qurban) baik dagingnya, bulunya atau kulitnya. Dan haram juga menjadikannya sebagai ongkos/upah untuk penjagal, walaupun keadaan qurban itu adalah qurban yang sunat. Selesai
➋ Kitab Tausyeh 'ala Fathul Qorib halaman 271:
فَإِنْ أُعْطِيَ لِلْجَزَّارِ لَا عَلٰى سَبِيْلِ الْأُجْرَةِ بَلْ عَلٰى سَبِيْلِ الصَّدَقَةِ لَمْ يَحْرُمْ. اهـ
Artinya:Maka jika bagian dari hewan qurban diberikan kepada tukang jagal tidak dengan jalan upah, tetapi dengan cara disedekahkan, maka pemberian yang demikian tidak haram. Selesai.
No comments:
Post a Comment
Yuk kita saling berkomentar dengan baik dan sopan untuk menumbuhkan ukhuwah dan silaturahmi sesama sahabat blogger. Terima Kasih.