Sunday, January 13, 2013

Faedah Wazan Fa''ala_ فَعَّلَ

Hai para sokhib, khususnya para santri & umumnya bagi sokhib yg udah pernah ngaji shorof nih, tentunya Antum dah g' asing kan dg istilah wazan? Mengingat begitu banyaknya faedah wazan dalam ilmu shorof, ane jadi sering lupa ik. Huft cpek deeech. Maka dari itulah pada postingan ini ane sengaja mau nulis tentang faedah wazan lho?! Biar klo ntar sewaktu-waktu ane lupa bisa langsung liat di blog ane sendiri gtu. Ok langsung aja deh ke pembahasan.

Wazan فَعَّلَ. Tambahannya adalah tasydid pada 'ain fiil. Berfaedah :
  1. لِلتَّكْثِيْرِ (menunjukkan makna memperbanyak). قَطَّعْتُ الْحَبلَ (saya memotong-motong tali), bentuk awalnya قَطَعْتُ الْحَبلَ (saya memotong tali). 
  2. لِنِسْبَةِ الْمَفْعُوْلِ اِلَى اَصْلِ الْفِعْلِ (menisbatkan maf'ul terhadap asalnya fi'il), contoh كَفَّرَ الْعُلَمَاءُ فِرْقَةً اَحْمَدِيَّةً (para ulama' mengkafirkan firqoh ahmadiyah).
  3. لِلتَّعْدِيَّةِ (menjadikan punya maf'ul atau bertambah maf'ulnya), contoh شَرَّفَ اللهُ المُتَّقِيْنَ ( Alloh memulikan orang-orang yang bertaqwa), dari kata شَرُفَ (mulia).
  4. لِلسَّلْبِ (menghilangkan), contoh فَشَّرْتُ التُّفَاحَ (saya mengupas/menhilangkan kulit apel). Lafal فَشَّرَ berasal dari kata فَشْرٌ (kulit).
  5. اِتِّخَاذِ الْفِعْلِ مِنَ الاِسْمِ (membuat fiil dari isim), contoh خَيَّمَ الطَّلَبَةُ (para siswa memasang tenda), dari kata اَلْخَيْمَةُ (tenda).
  6. لِلاِعْتِقَادِ (mengi'tiqodkan/meyakini) contoh وَحَّدْتُ اللهَ (saya meyakini Alloh Maha Esa)dari kata وَاحِدٌ (satu).
  7. لِلْقَبُوْلِ (menerima), contoh شَفَّعْتُ (saya menerima syafaat).
  8. لِمَعْنَى الحُضُوْرِ فِى الْمَكَانِ (menunjukkan makna menghadiri/menuju suatu tempat), contoh جَمَّعَ الطَّالبُوْنَ (para siswa menghadiri Jum'at, dari kata اَلْجُمُعَةُ.
  9. لِلصَّيْرُوْرَةِ (menjadi), contoh عَجَّزَتِ الْمَرْأَةُ (wanita itu menjadi lemah), dari kata عَجُزَ.
  10. اُبَرِّكُ لِزَوْجَتِيْ لِلدُّعَاءِ (saya mendo'akan keberkahan untuk istriku), dari kata بَرْكَةٌ.
  11. لإِتْيَانِ الْفَاعِلِ اِلَى مَكَانِ اَصْلِهِ (fa'il mendatangi suatu tempat yang menjadi asalnya fiil), contoh يَمَّنَ اَحْمَدُ (Ahmad datang ke Yaman), dari kata يَمَنُ.
  12. لِلْحَيْنُوْنَةِ (tiba masanya), contoh ظَهَّرَ (tiba waktu dzuhur), dari kata ظُهْرٌ (zuhur)
  13. لِلتَّوْجِيْهِ (menuju/mengarah), contoh شَرَّقَ الْمُسَافِرُ (musafir itu menuju ke timur), dari kata شَرْقٌ (timur).
  14. لإِخْتِصَارِ الْحِكَايَةِ (meringkas ungkapan), contoh سَبَّحَ الْمُسْلِمُوْنَ (orang-orang muslim bertasbih/membaca سُبْحَانَ اللهِ).

3 comments:

  1. wah artikel pelajaran Nahwu shorof yang bagus kang,,
    dapat menambah n mengingatkan kita dengan ilmu ini.
    thanks n nice artikel^_^

    ReplyDelete
  2. Sama-sama mon, syukron. Tapi ini artikel blom selesei, cz q cpek & ketiduran tadi -__-. Ternyata menulis di blog memeras tenaga.

    ReplyDelete
  3. bisa dishare referensinya kang? syukran

    ReplyDelete

Yuk kita saling berkomentar dengan baik dan sopan untuk menumbuhkan ukhuwah dan silaturahmi sesama sahabat blogger. Terima Kasih.