Friday, December 13, 2019

TERJEMAH KASYIFATUS SAJA Bag.42



يَا ابْنَ آدَمَ إِنْ رَضِيْتَ بِمَا قَسَمْتُهُ لَكَ أَرَحْتُ بَدَنَكَ وَقَلْبَكَ وَإِنْ لَمْ تَرْضَ بِمَا قَسَمْتُهُ لَكَ سَلَّطْتُ عَلَيْكَ الدُّنْيَا حَتّٰى تَرْكُضُ فِيْهَا كَرَكْضِ الْوَحْشِ فِي الْبَرِيَّةِ أَيِ الصَّحْرَاءِ
Hai anak Adam, jika engkau ridho dengan apa yang telah Aku bagikan untukmu, maka Aku membuat nyaman tubuhmu dan hatimu. Dan jika engkau tidak ridho dengan apa yang telah Aku bagikan untukmu, niscaya Aku kuasakan keduniawian atas dirimu, hingga engkau akan berpacu dalam hal keduniawian, seperti berpacunya hewan liar di daratan, yakni tanah lapang (sahara).

وَعِزَّتِيْ وَجَلَالِيْ لَا يَنَالُكَ مِنْهَا إِلَّا مَا قَسَمْتُهُ لَكَ وَأَنْتَ عِنْدِيْ مَذْمُوْمٌ
Demi kemuliaan-Ku dan keagungan-Ku, engkau tidak akan memperoleh dari dunia itu kecuali apa yang telah Aku tentukan bagiannya untukmu. Sedangkan engkau di sisi-Ku menjadi orang yang tercela [lantaran tak bersyukur].

(وَ) رَابِعُهَا أَنْ تُؤْمِنَ بِــــــــ(رُسُلِهِ) وَهُمْ أَفْضَلُ عِبَادِ اللّٰهِ. قَالَ تَعَالٰى: وَكُلًّا فَضَّلْنَا عَلَى الْعَالَمِيْنَ
(Dan) rukun iman yang keempat adalah engkau harus beriman kepada (para utusan-Nya), mereka adalah para hamba Alloh yang paling utama. Alloh Ta'ala berfirman: "Masing-masingnya Kami lebihkan derajatnya di atas umat (di masanya)."

بِأَنْ تَعْتَقِدَ أَنَّ اللّٰهَ تَعَالٰى أَرْسَلَ لِلْخَلْقِ رُسُلًا رِجَالًا لَا يَعْلَمُ عَدَدَهُمْ إِلَّا اللّٰهُ
Dengan engkau meyakini bahwa Alloh Ta'ala telah mengutus kepada makhluk, para Rosul berjenis laki-laki, yang tidak ada yang mengetahui jumlah hitungan para Rosul itu, kecuali Alloh.

أَوَّلُهُمْ بِجَسَدِهِ آدَمُ وَخَاتِمُهُمْ وَأَفْضَلُهُمْ سَيِّدُنَا مُحَمَّدٌ صَلَّى اللّٰهُ تَعَالٰى عَلَيْهِمْ وَسَلَّمَ وَكُلُّهُمْ مِنْ نَسْلِ آدَمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ
Permulaan para Rosul secara fisiknya adalah nabi Adam. Dan pungkasan para Rosul dan yang paling utama diantara mereka adalah baginda kita nabi Muhammad, semoga Alloh Ta'ala melimpahkan rohmat dan keselamatan kepada mereka, dan seluruh para Rosul itu berasal dari keturunan nabi Adam, 'alaihis salam.

وَأَنَّهُمْ صَادِقُوْنَ فِيْ جَمِيْعِ أَقْوَالِهِمْ فِيْ دَعْوَى الرِّسَالَةِ وَفِيْمَا بَلَغُوْهُ عَنِ اللّٰهِ تَعَالٰى وَفِي الْكَلَامِ الْعُرْفِيِّ نَحْوُ أَكَلْتُ وَشَرِبْتُ
Dan sesungguhnya para Rosul itu adalah orang-orang yang jujur dalam semua ucapan mereka, dalam pengakuan mereka mengenai kerosulan diri mereka; dan dalam perkara yang mereka menyampaikannya dari Alloh Ta'ala; dan dalam ucapan yang umum, seperti: "Aku telah makan" dan "Aku telah minum."

2 comments:

Yuk kita saling berkomentar dengan baik dan sopan untuk menumbuhkan ukhuwah dan silaturahmi sesama sahabat blogger. Terima Kasih.