Saturday, May 9, 2015

Shalat Sunat Sebelum Shalat Jum'at (MUKTAMAR NU KE-1 NO.4)

Soal :
Apakan ada shalat sunnah qabliyah bagi shalat Jum'at?

Jawab :
Ada. Sebelum shalat Jum'at disunatkan shalat sunat qabliyah seperti shalat Zhuhur, karena sabda Rosulilloh SAW dalam hadis shohih :

Dari Abdulloh bin al-Zubair Ra berkata, Rasululloh Saw bersabda : "Setiap ada shalat fardhu, maka sebelumnya ada shalat sunat dua reka'at". (HR. Ibnu Hibban dalam Shahihnya, Daruquthni dan Thabrani).
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ الزُّبَيْرِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَا مِنْ صَلَاةٍ مَفْرُوْضَةٍ إِلاَّ وَبَيْنَ يَدَيْهَا رَكْعَتَانِ. حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ، رَوَاهُ ابْنُ حِبَّانَ فِي صَحِيْحِهِ 


Referensi :
1. Fathul Bari Juz 3 halaman 96 :

Dalil paling kuat untuk dijadikan pedoman tentang kebolehan shalat dua reka’at sebelum Jum’at adalah hadis riwayat Ibnu Hibban dari Abdulloh bin Zubair. “Tidak ada shalat yang difardhukan kecuali sebelumnya ada [shalat sunnah] dua reka’at”.
وَأَقْوَى مَا يُتَمَسَّكُ بِهِ فِي مَشْرُوعِيَّةِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْجُمُعَةِ عُمُوم مَا صَححهُ بن حِبَّانَ مِنْ حَدِيثِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الزُّبَيْرِ مَرْفُوعًا مَا مِنْ صَلَاةٍ مَفْرُوضَةٍ إِلَّا وَبَيْنَ يَدَيْهَا رَكْعَتَانِ
2. Al-Hawasyi al-Madaniyah Juz 1 halaman 327 :

Sesungguhnya Nabi Saw pernah melaksanakan shalat empat reka'at sebelum shalat Jum'at.
أَنَّهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّىْ قَبْلَهَا أَرْبَعًا

3. Al-Hawasyi al-Madaniyah Juz 1 halaman 326
Diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Ibn Hibban dari Ayyub dari Nafi' berkata : Ibn Umar memperpanjang shalat sebelum pelaksanaan shalat Jum'at dan melaksanakan shalat dua reka'at sesudahnya di rumah. Dan dia menceritakan bahwa Rasululloh Saw juga melakukan yang demikian itu.
وَرَوَى أَبُوْ دَاوُدَ فِي سُنَنِهِ عَنْ طَرِيْقِ أَيُّوْبَ عَنْ نَافِعٍ قَالَ : كَانَ ابْنُ عُمَرَ يُطِيْلُ الصَّلَاةَ قَبْلَ الْجُمُعَةِ وَيُصَلِّيْ بَعْدَهَا رَكْعَتَيْنِ فِي بَيْتِهِ. وَيُحَدِّثُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَفْعَلُ ذٰلِكَ.
  

No comments:

Post a Comment

Yuk kita saling berkomentar dengan baik dan sopan untuk menumbuhkan ukhuwah dan silaturahmi sesama sahabat blogger. Terima Kasih.