Thursday, October 5, 2017

█ HUKUM MEMPUNYAI GURU THORIQOH █

✦✦✦✦✦✦✦✦✦✦✦✦✦✦✦
Di dalam kitab Tanwirul Qulub (تَنْوِيْرُ الْقُلُوْبِ) halaman 433-434, karya Syeh Muhammad Amin al-Kurdi, terdapat keterangan sebagai berikut:
✦✦✦✦✦✦✦✦✦✦✦✦✦✦✦

فَقَدْ أَجْمَعَ أَهْلُ الطَّرِيْقِ عَلٰى وُجُوْبِ اتِّخَاذِ الْإِنْسَانِ شَيْخًا لَهُ يُرْشِدُهُ إِلٰى زَوَالِ تِلْكَ الصِّفَاتِ الَّتِيْ تَمْنَعُهُ مِنْ دُخُوْلِ حَضْرَةِ اللهِ بِقَلْبِهِ لِيَصِحَّ حُضُوْرُهُ وَخُشُوْعُهُ فِيْ سَائِرِ الْعِبَادَاتِ مِنْ بَابِ مَا لَا يَتِمُّ الْوَاجِبُ إِلَّا بِهِ فَهُوَ وَاجِبٌ وَلَا شَكَّ أَنَّ عِلَاجَ أَمْرَاضِ الْبَاطِنِ وَاجِبٌ فَيَجِبُ عَلٰى مَنْ غَلَبَتْ عَلَيْهِ الْأَمْرَاضُ أَنْ يَطْلُبَ شَيْخًا يُخْرِجُهُ مِنْ كُلِّ وَرَطَةٍ وَإِنْ لَمْ يَجِدْ فِيْ بَلَدِهِ أَوْ إِقْلِيْمِهِ وَجَبَ عَلَيْهِ السَّفَرُ إِلَيْهِ. اهـ

TERJEMAH:
Para ulama ahli thoriqoh telah bersepakat mengenai wajibnya mengambil seseorang sebagai Syeh (guru thoriqoh/guru mursyid) yang dapat membimbingnya untuk menghilangkan sifat-sifat tercela yang dapat menghalanginya untuk masuk ke hadirat Alloh dengan hatinya, agar benar kehadirannya (konsentrasinya) dan kekhusuannya dalam semua ritual ibadah. Kewajiban ini termasuk dari babnya qo'idah fiqih yang berbunyi:
مَا لَا يَتِمُّ الْوَاجِبُ إِلَّا بِهِ فَهُوَ وَاجِبٌ
Artinya:
“Sesuatu yang (menyebabkan) sebuah kewajiban tak mungkin bisa dilakukan dengan sempurna kecuali dengannya, maka sesuatu itu hukumnya adalah wajib." 
Dan tak diragukan lagi bahwa mengobati penyakit-penyakit hati/batin itu hukumnya wajib. Maka bagi orang yang menderita berbagai penyakit batin, ia wajib mencari seorang Syeh yang dapat mengeluarkannya dari setiap kerusakan. Jika ia tidak mendapati Syeh tersebut di daerah tempat tinggalnya, maka ia wajib pergi untuk mencarinya ke daerah lain. Selesai.

Wallohu A'lam

No comments:

Post a Comment

Yuk kita saling berkomentar dengan baik dan sopan untuk menumbuhkan ukhuwah dan silaturahmi sesama sahabat blogger. Terima Kasih.