Saturday, January 14, 2017

DEFINISI SAYYID DAN SYARIF

Di dalam kitab Is'adur Rofiq (اِسْعَادُ الرَّفِيقْ) Juz 1 halaman 3 didapat keterangan sebagai berikut:
وَفِي الْعُرْفِ الشَّرْعِيِّ يُطْلَقُ لَفْظُ سَيِّدٍ وَشَرِيْفٍ عَلٰى كُلِّ مَنْ اِنْتَسَبَ لِلسِّبْطَيْنِ سَيِّدِ الْحَسَنِ وَسَيِّدِ الْحُسَيْنِ. وَقَدْ يَفْتَرِقَانِ فِيْ اصْطِلَاحِ أَهْلِ الْعِلْمِ فَيُطْلِقُوْنَ السَّيِّدَ عَلٰى كُلِّ مَنْ بَلَغَ مَقَامًا رَفِيْعًا فِي الْعِلْمِ وَالْوِلَايَةِ وَإِنْ كَانَ مِنْ غَيْرِ الْإِشْرَافِ. وَأَمَّا لَفْظُ شَرِيْفٍ فَخَاصٌّ بِمَنْ ذُكِرَ كَمَا ذَكَرُوْا ذٰلِكَ فِي نَحْوِ الْوَصِيَّةِ وَالْوَقْفِ أَفَادَهُ الشَّيْخُ عَبْدُ اللهِ بَاسْوَدَانَ فِي شَرْحِ الْخُطْبَةِ الطَّاهِرَةِ.

Artinya:
Dalam istilah syara' lafadz Sayyid dan Syarif diucapkan atas setiap orang yang nasabnya bersambung dengan kedua cucunda Nabi, yaitu Sayyid Hasan dan Sayyid Husein. Menurut istilah ahli ilmu, lafadz Sayyid dan Syarif mempunyai perbedaan. Menurut mereka Sayyid adalah orang yang mencapai kedudukan tinggi dalam bidang keilmuan dan kewalian, meskipun bukan dari golongan Asyrof (orang-orang mulia keturunan Rosululloh Saw). Sedangkan istilah Syarif khusus untuk mereka keturunan Sayyid Hasan dan Sayyid Husein. Hal itu sebagaimana yang telah dituturkan oleh para ulama' fiqih dalam bab wasiat dan bab waqof. Faedah di atas disampaikan oleh Syeh Abdulloh Baas-Wadan dalam kitabnya Syarah Khutbah Thohiroh.

No comments:

Post a Comment

Yuk kita saling berkomentar dengan baik dan sopan untuk menumbuhkan ukhuwah dan silaturahmi sesama sahabat blogger. Terima Kasih.