Saturday, January 14, 2017

KEAGUNGAN HARI JUM'AT

PERTANYAAN:
Apa alasannya hari Jum'at disebut dengan Sayyidul Ayyam?
JAWAB:
Sebab pada hari Jum'at Alloh telah menciptakan Adam as., pada hari Jum'at kiamat akan terjadi, pada hari Jum'at Alloh memberi izin penduduk surga untuk menziarahi-Nya. Para Malaikat menyebut hari Jum'at sebagai yaumul mazid, karena banyaknya pintu-pintu rahat Alloh yang dibuka pada hari itu. Alloh melimpahkan anugerah dan melampangkan kebaikan. Pada hari ini terdapat waktu yang mulia, yang pada waktu tersebut Alloh mengabulkan do'a secara mutlak, dll.
 
 REFERENSI:
Kitab I'aatut Tholibin Juz 2 halaman 63: 

قَالَ سَيِّدُنَا الْقُطْبُ الْغَوْثُ سَيِّدِ الْحَبِيْبُ عَبْدُ اللهِ ابْنُ عَلَوِيِّ الْحَدَّادِ: (وَاعْلَمْ) أَسْعَدَكَ اللهُ أَنَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ سَيِّدُ الْاَيَّامِ، وَلَهُ شَرَفٌ عِنْدَ اللهِ الْعَظِيْمِ وَفِيْهِ خَلَقَ اللهُ اٰدَمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ وَفِيْهِ يُقِيْمُ السَّاعَةَ وَفِيْهِ يَأْذَنُ لِأَهْلِ الْجَنَّةِ فِيْ زِيَارَتِهِ وَالْمَلَائِكَةُ تُسَمِّيْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ يَوْمَ الْمَزِيْدِ لِكَثْرَةِ مَا يَفْتَحُ اللهُ فِيْهِ مِنْ أَبْوَابِ الرَّحْمَةِ وَيُفِيْضُ مِنَ الْفَضْلِ وَيَبْسُطُ مِنَ الْخَيْرِ. وَفِيْ هٰذَا الْيَوْمِ سَاعَةٌ شَرِيْفَةٌ يُسْتَجَابُ فِيْهَا الدُّعَاءُ مُطْلَقًا، وَهِيَ مُبْهَمَةٌ فِيْ جَمِيْعِ الْيَوْمِ كَمَا قَالَهُ الْإِمَامُ الْغَزَالِيُّ رَحِمَهُ اللهُ وَغَيْرُهُ فَعَلَيْكَ فِيْ هٰذَا الْيَوْمِ بِمُلَازَمَةِ الْأَعْمَالِ الصَّالِحَةِ وَالْوَظَائِفِ الدِّيْنِيَّةِ وَلَا تَجْعَلْ لَكَ شُغْلًا بِغَيْرِهَا إِلَّا أَنْ يَكُوْنَ شُغْلًا ضَرُوْرِيًّا لَا بُدَّ مِنْهُ فَإِنَّ هٰذَا الْيَوْمَ لِلْآخِرَةِ خُصُوْصًا وَكَفٰى بِشُغْلِ بَقِيَّةِ الْأَيَّامِ بِأَمْرِ الدُّنْيَا غَبْنًا وَإِضَاعَةً. وَكَانَ يَنْبَغِيْ لِلْمُؤْمِنِ أَنْ يَجْعَلَ جَمِيْعَ أَيَّامِهِ وَلَيَالِيْهِ مُسْتَغْرِقَةً بِالْعَمَلِ لِآخِرَتِهِ فَإِذَا لَمْ يَتَيَسَّرْ ذٰلِكَ وَعَوَّقَتْهُ عَنْهُ أَشْغَالُ دُنْيَاهُ فَلَا أَقَلَّ لَهُ مِنَ التَّفَرُّغِ فِيْ هٰذَا الْيَوْمِ لِأُمُوْرِ الْآخِرَةِ.

Artinya:
Sayyid kami, al-Qutub [seorang wali qutub] al-Ghouts [seorang wali ghouts] Habib Abdulloh 'Alawiy al-Haddad telah berkata: "Ketahuilah! Semoga Alloh memberimu keberuntungan. Sesungguhnya hari Jum'at adalah pemimpinnya hari. Ia memiliki kemuliaan di sisi Alloh yang Maha Agung. Pada hari Jum'at Alloh telah menciptakan Adam as., pada hari Jum'at kiamat terjadi, pada hari Jum'at Alloh memberi izin penduduk surga untuk menziarahi-Nya. Para Malaikat menyebut hari Jum'at sebagai yaumul mazid, karena banyaknya pintu-pintu rahmat Alloh yang dibuka pada hari itu. Dan Alloh melimpahkan anugerah dan melepangkan kebaikan. Pada hari ini terdapat waktu yang mulia yang pada waktu tersebut Alloh mengabulkan do'a secara mutlak. Waktu tersebut dirahasiakan pada keseluruhan hari sebegaimana yang disampaikan oleh Imam Ghozali ra. dan yang lain. Pada hari ini hendaknya engkau melazimkan berbagai amal soleh dan kegiatan agama. Janganlah engkau memiliki kesibukan lain, kecuali kesibukan darurat yang tidak bisa ditinggalkan. Sesungguhnya hari ini hanya untuk akhirat. Cukuplah kerugian dan ketersia-siaan hari-hari lain untuk kesibukan duniawi. Sebaiknya bagi seorang mukmin menjadikan seluruh hari dan malamnya dihabiskan untuk amal akhirat. Jika tidak mampu dan kesibukan dunawi menghalanginya, minimal dia mrnghabiskan hari Jum'at ini untuk perkara-perkara akhirat."

No comments:

Post a Comment

Yuk kita saling berkomentar dengan baik dan sopan untuk menumbuhkan ukhuwah dan silaturahmi sesama sahabat blogger. Terima Kasih.