Thursday, April 19, 2018

TERJEMAH KASYIFATUS SAJA Bag.34

﴿وَ﴾ خَامِسُهَا ﴿حِجُّ الْبَيْتِ﴾ أَيْ قَصْدُهُ لِلْحَجِّ أَوِ الْعُمْرَةِ ﴿مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيْلًا﴾ وَ هُوَ مِنَ الشَّرَائِعِ الْقَدِيْمَةِ بَلْ مَا مِنْ نَبِيٍّ إِلَّا وَحَجَّ خِلَافًا لِمَنِ اسْتَثْنٰى هُوْدًا وَصَالِحًا.
Dan﴿ rukun Islam yang kelima adalah berhaji ke Baitulloh﴿ yakni menuju Baitulloh untuk melaksanakan haji atau umroh oleh orang yang telah mampu melakukan perjalanan menuju ke Baitulloh﴿. Dan, haji termasuk di antara syariat-syariat yang terdahulu, bahkan tidak ada di antara para Nabi, melainkan pasti sudah pernah beribadah haji. Berbeda halnya dengan pendapat ulama yang mengecualikan Nabi Hūd dan Nabi Sholiḥ.

وَرُوِيَ أَنَّ آدَمَ حَجَّ أَرْبَعِيْنَ سَنَةً مِنَ الْهِنْدِ مَاشِيًا وَعِيْسٰى يَحْتَمِلُ أَنَّهُ حَجَّ قَبْلَ رَفْعِهِ إِلَى السَّمَاءِ أَوْ أَنَّهُ يَحُجُّ حِيْنَ يَنْزِلُ الْأَرْضَ.
Dan diriwayatkan bahwa Nabi Ādam berhaji selama 40 tahun dari India dengan berjalan kaki. Sedangkan Nabi ‘Īsā dimungkinkan [dua hal], yaitu bahwasanya beliau berhaji sebelum diangkatnya beliau ke langit, atau bahwasanya beliau akan berhaji ketika beliau turun kembali ke bumi. 

وَفِي الْخَبَرِ: مَنْ قَضٰى نُسُكَهُ وَ سَلِمَ النَّاسُ مِنْ يَدِهِ وَ لِسَانِهِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَ مَا تَأَخَّرَ. وَ إِنْفَاقُ الدِّرْهَمِ الْوَاحِدِ فِيْ ذٰلِكَ يُعْدِلُ أَلْفَ أَلْفٍ فِيْمَا سِوَاهُ رَوَاهُ التُّرْمُذِيُّ.
Dan di dalam hadits [disebutkan]: “Siapa saja yang menunaikan ibadah hajinya, dan manusia selamat dari tangannya dan lidahnya, maka niscaya diampuni baginya segala sesuatu yang terdahulu dari dosanya, dan segala sesuatu yang akan datang [dari dosa-dosanya]. Dan ber-infak satu dirham dalam menjalankan haji adalah membandingi sejuta ganjaran di waktu selain haji.” Hadits riwayat Imām at-Turmudzī. 

وَوَرَدَ فِي الْخَبَرِ: أَنَّ الْبَيْتَ الْحَرَامِ يَحُجُّهُ كُلَّ عَامٍ سَبْعُوْنَ أَلْفًا مِنَ الْبَشَرِ فَإِذَا نَقَصُوْا عَنْ ذٰلِكَ أَتَمَّهُمُ اللّٰهُ عَزَّ وَجَلَّ مِنَ الْمَلَائِكَةِ، وَإِذَا زَادُوْا عَلٰى ذٰلِكَ يَفْعَلُ اللّٰهُ مَا يُرِيْدُ، وَأَنَّ الْبَيْتَ الْمَعْمُوْرَ فِي السَّمَاءِ الرَّابِعَةِ تَحُجُّ إِلَيْهِ الْمَلَائِكَةُ كَمَا تَحُجُّ الْبَشَرُ إِلَى الْبَيْتِ الْحَرَامِ.
Dan disebutkan di dalam hadits: “Sesungguhnya Baitulloh al-Ḥarām, akan berhaji ke sana setiap tahun sebanyak 70,000 manusia. Lalu apabila para manusia kurang dari jumlah itu, maka Alloh ‘azza wa jalla menyempurnakan mereka dengan para malaikat. Dan apabila berlebih para manusia dari jumlah tersebut, maka Alloh Maha berbuat apapun yang Dia kehendaki. Dan sesungguhnya Baitul Ma’mur di langit ke empat, akan berhaji para malaikat kesana, sebagaimana para manusia berhaji ke Baitulloh al-Harom.“

﴿نُكْتَةٌ﴾ حُكِيَ عَنْ مُحَمَّدٍ بْنِ الْمُنْكَدِرِ أَنَّهُ حَجَّ ثَلَاثًا وَثَلَاثِيْنَ حَجَّةً. فَلَمَّا كَانَ آخِرَ حَجَّةٍ حَجَّهَا قَالَ وَهُوَ بِعَرَفَاتٍ: اَللّٰهُمَّ إِنَّكَ تَعْلَمُ أَنِّيْ وَقَفْتُ فِيْ مَوْقِفِيْ هٰذَا ثَلَاثًا وَثَلَاثِيْنَ وَقْفَةً فَوَاحِدَةٌ عَنْ فَرْضِيْ وَالثَّانِيَةُ عَنْ أَبِيْ وَالثَّالِثَةُ عَنْ أُمِّيْ. وَأَشْهَدُكَ يَا رَبِّ أَنِّيْ قَدْ وَهَبْتُ الثَّلَاثِيْنَ لِمَنْ وَقَفَ مَوْقِفِيْ هٰذَا وَلَمْ تَتَقَبَّلْ مِنْهُ.
Masalah Lembut﴿ Diceritakan dari Syekh Muḥammad bin al-Munkadir [wafat 131 H.] bahwasanya beliau berhaji sebanyak 33 kali haji. Lalu tatkala beliau berada di akhir haji yang dilaksanakannya, beliau berkata di saat beliau berada di ‘Arafah: “Ya Alloh, sesungguhnya Engkau mengetahui bahwa aku telah wuqūf di tempat wuqūf-ku ini sebanyak 33 kali. Maka satu kali wuqūf untuk [menunaikan] kewajibanku, dan wuqūf yang kedua untuk bapakku, dan wuqūf yang ketiga untuk ibuku. Dan aku bersaksi kepada-Mu wahai Tuhanku, sesungguhnya aku meng-hibah-kan 30 kali wuqūf-ku kepada siapa saja yang wuqūf di tempat wuqūf-ku ini, sedangkan Engkau tidak menerima wuqūf orang itu.

فَلَمَّا دَفَعَ أَيْ رَحِلَ مِنْ عَرَفَاتٍ نُوْدِيَ يَا ابْنَ الْمُنْكَدِرِ أَتَتَكَرَّمُ عَلَى مَنْ خَلَقَ الْكَرَمَ وَالْجُوْدَ وَعِزَّتِيْ وَجَلَالِيْ قَدْ غَفَرْتُ لِمَنْ يَقِفُ فِيْ عَرَفَاتٍ قَبْلَ أَنْ أَخْلُقَ عَرَفَاتٍ بِأَلْفِ عَامٍ.
Lalu tatkala beliau bertolak yakni berangkat meninggalkan ‘Arofah, maka beliau diseru: “Hai Ibnul Munkadir, apakah engkau akan bersikap dermawan kepada Dzat yang telah menciptakan kedermawanan dan kemurah-hatian. Demi kemuliaan-Ku dan Keagungan-Ku, sungguh Aku telah memberi ampunan kepada siapa saja yang wuqūf di ‘Arofah sebelum Aku menciptakan ‘Arofah seribu tahun [sebelumnya].”

﴿تَوْضِيْحٌ﴾ قَوْلُهُ حِجُّ بِفَتْحِ الْحَاءِ وَكَسْرِهَا وَهُوَ مَصْدَرٌ مُضَافٌ لِمَفْعُوْلِهِ وَمَنْ فَاعِلُهُ وَهُوَ اسْمُ مَوْصُوْلٍ مَبْنِيٌّ عَلَى السُّكُوْنِ فِيْ مَحَلِّ رَفْعٍ. وَالتَّقْدِيْرُ وَأَنْ يَحُجَّ الْبَيْتَ الْمُسْتَطِيْعُ.
Keterangan Tambahan﴿. Ucapan pengarang [Syaikh Sālim bin Sumair]. “حِجُّ” dengan di-fatḥah-kan huruf ḥā’-nya, dan dapat di-kasrah-kan huruf ḥā’-nya. Lafazh tersebut merupakan mashdar yang di-idhofah-kan kepada maf‘ūl-nya, dan kalimah مَنْ sebagai fā‘il-nya, dan kalimah مَنْ adalah isim maushūl yang mabnī atas sukūn dalam kedudukan rofa‘. Dan perkiraan kalimatnya adalah وَأَنْ يَحُجَّ الْبَيْتَ الْمُسْتَطِيْعُ (Dan mestilah berhaji ke Baitulloh orang yang mampu).

وَمِثْلُ ذٰلِكَ مَا فِي الْحَدِيْثِ الَّذِيْ رَوَاهُ الشَّيْخَانِ وَهُوَ قَوْلُهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ إِلَى أَنْ قَالَ: وَ حِجُّ الْبَيْتِ كَمَا قَالَهُ عَلِيٌّ الْأَشْمُوْنِيُّ فِيْ كِتَابِهِ الْمُلَقَّبِ بِمَنْهَجُ السَّالِكِ.
Dan hal serupa dengan hal itu adalah kalimah yang terdapat di dalam hadits yang telah diriwayatkan oleh asy-Syaikhān (Imām Bukhārī dan Imām Muslim), yaitu sabda Nabi s.a.w.: “Islam didirikan atas lima perkara”, sampai sabda “dan pergi haji ke Baitulloh”, sebagaimana Syaeh ‘Alī al-Asymūnī mengatakannya di dalam kitab beliau, yang diberi nama dengan Manhajus Sālik.


وَأَمَّا حِجُّ الْبَيْتِ فِيْ قَوْلِهِ تَعَالَى: وَلِلّٰهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيْلًا، فَلَا يُتَعَيَّنُ مَنْ لِلْفَاعِلِيَّةِ بَلْ يُحْتَمَلُ كَوْنُهُ بَدَلًا مِنَ النَّاسِ بَدَلَ بَعْضٍ مِنْ كُلٍّ حُذِفَ رَابِطُهُ لَفَهْمِهِ أَيْ مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْهُمْ.
Dan adapun kalimat حِجُّ الْبَيْتِ di dalam firman Alloh Ta‘ālā "…. mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Alloh, yaitu [bagi] orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitulloh....” (Āli ‘Imrān: 97). Maka tidak dipastikan lafazh مَنْ sebagai fā‘il, akan tetapi dimungkinkan keberadaannya sebagai badal (pengganti) dari lafazh النَّاسِ, yaitu badal sebagian dari keseluruhan, dibuang “lafazh penghubungnya” karena sudah dipahami, perkiraan kalimatnya adalah: مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْهُمْ (Siapa saja yang telah mampu dari mereka).


وَأَنْ يَكُوْنَ مُبْتَدَأً خَبَرُهُ مَحْذُوْفٌ أَيْ فَعَلَيْهِ أَنْ يَحُجَّ، أَوْ شَرْطِيَّةً جَوَابُهَا مَحْذُوْفٌ أَيْ فَلْيَحُجَّ كَمَا قَالَهُ مُحَمَّدٌ الصَّبَّانُ فِيْ حَاشِيَتِهِ.
Dan [dimungkinkan] keadaannya sebagai mubtada’ yang khabar-nya dibuang, maksudnya adalah فَعَلَيْهِ أَنْ يَحُجَّ (maka yang wajib baginya adalah berhaji)”, atau sebagai syarath, yang jawab syarath-nya dibuang, perkiraan kalimat-nya adalah فَلْيَحُجَّ (maka hendaklah ia berhaji), sebagaimana Syeh Muḥammad ash-Shobbān telah mengatakan hal itu di dalam kitab Ḥāsyiyah beliau.


وَقَوْلُهُ إِلَيْهِ عَائِدٌ إِلَى الْبَيْتِ مُتَعَلِّقٌ بِاسْتَطَاعَ. 
Dan ucapan pengarang [Syaikh Sālim bin Sumair]: “إِلَيْهِ” sebagai ‘Ā’id [perkara yang kembali] kepada lafazh al-Bait, yang berketerkaitan dengan lafazh “اِسْتَطَاعَ”.


وَسَبِيْلًا إِمَّا مَفْعُوْلٌ بِهِ لِاسْتَطَاعَ أَوْ تَمْيِيْزٌ عَلٰى مَا اسْتَحْسَنَهُ شَيْخُنَا عُمَرُ الْبَقَاعِيُّ وَعُمَرُ الْجَبْرَتِيُّ أَيْ مِنْ جِهَةِ السَّبِيْلِ.
Dan lafazh “سَبِيْلًا” adakalanya menjadi maf‘ūl bih bagi kalimah "اِسْتَطَاعَ" atau menjadi tamyīz, menurut pendapat yang telah dianggap baik oleh guru kami Syeh ‘Umar al-Baqo‘ī, dan Syeh ‘Umar al-Jabrotī, yakni dari arah (segi) jalannya.

No comments:

Post a Comment

Yuk kita saling berkomentar dengan baik dan sopan untuk menumbuhkan ukhuwah dan silaturahmi sesama sahabat blogger. Terima Kasih.