Wednesday, February 7, 2018

PENCURI ANAK BURUNG

Alkisah pada zaman Nabi Sulaiman as ada seekor burung yang datang kepada Nabi Sulaiman as dan mengadukan sesuatu kepada beliau: "Wahai Nabi, Ada seorang lelaki yang memiliki pohon dan aku menetaskan telurku di atas pohon itu. Kemudian dia mengambil beberapa anakku, tolonglah aku wahai nabi, lakukanlah sesuatu yang bisa melindungi aku dan anak-anakku."

Kemudian nabi Sulaiman as memanggil si pemilik pohon itu dan melarangnya mengambil anak burung lagi. Nabi Sulaiman as juga menugaskan dua setan agar menjaga si burung dan anaknya. "Wahai setan! Aku perintahkan kalian berdua, bila tahun depan si pemilik pohon ini mengambil anak burung lagi, maka ambillah dia dan potonglah tubuhnya menjadi dua bagian. Satu potong buanglah ke belahan bumi bagian timur dan satu potong yang lain buanglah ke belahan bumi bagian barat."

Pada tahun berikutnya si pemilik pohon tersebut lupa akan larangan Nabi Sulaiman as. Dia mengambil lagi anak burung yang ada di pohon miliknya, namun sebelum itu ia sempat memberikan sedekah berupa sepotong roti kepada seorang pengemis yang datang ke rumahnya. Begitu melihat sang pemilik pohon yang mengambil Anaknya lagi, si burung kemudian mendatangi Nabi Sulaiman as dan mengadukan lagi kejahatan pemilik pohon. Mendapat pengaduan si burung, nabi memanggil kedua setan yang telah diberinya tugas untuk dimintai pertanggungjawaban. Lalu nabi bertanya: "Mengapa kalian tidak melaksanakan tugas yang telah Aku perintahkan?"

Mereka pun menjawab: "Wahai khalifah Allah, sesungguhnya di saat dia akan memanjat pohon, kami telah berusaha menikamnya, namun sayang sekali, sebelum melakukan niat jahatnya itu dia terlebih dahulu bersedekah kepada peminta-minta yang datang kepadanya dengan memberikan sepotong roti, sehingga Allah SWT mengutus dua malaikat untuk menjaganya dari langit, satu diantaranya memegangiku lalu melempar aku ke belahan bumi bagian barat, dan yang lainnya memegangi kawanku dan melemparnya ke belahan bumi bagian timur. Hal itu membuat rencana kami gagal berantakan dan tugas kami tidak bisa terlaksana karena perlindungan dari kedua malaikat tersebut."

No comments:

Post a Comment

Yuk kita saling berkomentar dengan baik dan sopan untuk menumbuhkan ukhuwah dan silaturahmi sesama sahabat blogger. Terima Kasih.