Wednesday, February 7, 2018

ARTI ROHMAN DAN ROHIM

1. Lafaz Rohmaan dapat diartikan:

a). Maha Pengasih di dunia, maksudnya rahmat dan kasih Allah menyertai seluruh makhluk-Nya; baik yang mukmin maupun kafir sama-sama menerimanya.

b) Kasih Allah itu tanpa diminta terlebih dahulu, seperti halnya Allah menjadikan kita lengkap dengan seluruh anggota dan akal. Kasih Allah juga tidak dapat dinilai besarnya, padahal apabila Allah menjadikan kita dengan bentuk yang kurang baik anggota maupun akal, itu atas wewenang-Nya, sedangkan kita tidak dapat mengubah atau memperbaikinya dengan sempurna. Sebelum kita dilahirkan ke dunia, Allah telah menyediakan makanan yang cocok dengan keinginan dan kekuatan badan kita, mulai dari air susu ibu, kemudian setelah besar air susu itu kita tinggalkan, dan berganti dengan makanan, seperti nasi, buah-buahan, biji-bijian, dan hewan yang dihalalkan Allah, yang kesemuanya itu mengandung faedah yang besar sekali bagi kesehatan jasmani dan rohani. Itu adalah atas rohmaan Allah swt.


2. Lafaz Rohiim dapat diartikan:

Maha Pengasih Allah di akhirat. Kelak Allah akan memberikan pahala bagi hamba-hamba yang taat kepada-Nya dengan nikmat yang tiada terhingga dan tidak dapat diraba atau dikhayalkan, sebab hal itu di luar kemampuan khayalan kita. Dalam hal ini perlu diketahui, bahwa nikmat Allah ada 100%: Yang 1% diberikan di dunia kepada seluruh makhluk-Nya yang mukmin maupun yang kafir. Nikmat yang ada sekarang ini saja sudah banyak membuat orang merasa senang sampai lupa daratan dan tidak mau mati. Sedangkan di akhirat nanti, yaitu yang 99% lagi, hanya akan diberikan kepada orang yang takwa atau ahli surga, yang persentasenya dari seluruh manusia ialah satu berbanding seribu: Satu orang yang akan masuk surga, sedangkan yang 999 lagi masuk ke neraka. Dapat dibayanghan, betapa besar nikmat Allah yang akan diberikan kepada ahli surga itu!

1 comment:

  1. Arrokhmaan = Sang RokhmaTOR = Pemberi Kasih Sayang (rokhmat); Arrohiim = Sang RokhamaWAN= Sangat dermawan dalam memberi kasih sayang (rokhmat).

    ReplyDelete

Yuk kita saling berkomentar dengan baik dan sopan untuk menumbuhkan ukhuwah dan silaturahmi sesama sahabat blogger. Terima Kasih.