نهاية الزين في إرشاد المبتدئين لمحمد بن عمر بن علي بن نووي الجاوي عبد المعطي صحـــ ١٣
وَمِنْهُ مَا إِذَا تَغَيَّرَ مَاءُ الْمَغَاطِسِ بِأَوْسَاخِ أَبْدَانِ الْمُغْتَسِلِيْنَ، وَمَاءُ الْفُسَاقَى بِأَوْسَاخِ أَرْجُلِ الْمُتَوَضِّئِيْنَ فَإِنَّهُ لَا يَضُرُّ وَلَوْ كَثُرَ التَّغَيُّرُ اهـــ
وَمِنْهُ مَا إِذَا تَغَيَّرَ مَاءُ الْمَغَاطِسِ بِأَوْسَاخِ أَبْدَانِ الْمُغْتَسِلِيْنَ، وَمَاءُ الْفُسَاقَى بِأَوْسَاخِ أَرْجُلِ الْمُتَوَضِّئِيْنَ فَإِنَّهُ لَا يَضُرُّ وَلَوْ كَثُرَ التَّغَيُّرُ اهـــ
Keterangan :
Termasuk air muthlak adalah air yang berada di bak mandi ketika berubah disebabkan kotoran tubuh orang-orang yang mandi. Dan air kran yang berubah disebabkan kotoran kaki orang-orang yang berwudlu, maka hal itu tidak mempengaruhi pada kemuthlakan air, sekalipun perubahannya banyak.
✤✤ Syarh Mufrodat (Penjelasan Kosa Kata) : ✤✤
(1) الْمَغَاطِسُ : Bak mandi.
Lafadz الْمَغَاطِسُ ini merupakan sighot jamak taksir dari mufrod اَلْمِغْطَسُ yang searti dengan lafadz حَوْضُ الْإِسْتِحْمَامِ , yaitu bak mandi.
(2) الْفُسَاقَى : Kran, air mancur.
Lafadz الْفُسَاقَى ini merupakan sighot jamak taksir dari mufrod اَلْفِسْقِيَّةُ yang searti dengan lafadz نَافُوْرَةٌ , yaitu kran atau air mancur.
(3) أَبْدَانِ الْمُغْتَسِلِيْنَ : Tubuh orang-orang yang mandi.
No comments:
Post a Comment
Yuk kita saling berkomentar dengan baik dan sopan untuk menumbuhkan ukhuwah dan silaturahmi sesama sahabat blogger. Terima Kasih.