Wednesday, September 27, 2017

MACAM-MACAM TAKBIR DI HARI RAYA

Syeh Muhammad bin Qosim Al-Ghozzi di dalam kitabnya Fathul Qorib halaman 19 menuturkan sebagai berikut:
وَالتَّكْبِيْرُ عَلٰى قِسْمَيْنِ مُرْسَلٍ وَهُوَ مَا لَا يَكُوْنُ عَقِبَ صَلَاةٍ وَمُقَيَّدٍ وَهُوَ مَا يَكُوْنُ عَقِبَهَا. وَبَدَأَ الْمُصَنِّفُ بِالْأَوَّلِ فَقَالَ (وَيُكَبِّرُ) نَدْبًا كُلٌّ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنثٰى وَحَاضِرٍ وَمُسَافِرٍ فِي الْمَنَازِلِ وَالطُّرُقِ وَالْمَسَاجِدِ وَالْأَسْوَاقِ (مِنْ غُرُوْبِ الشَّمْسِ مِنْ لَيْلَةِ الْعِيْدِ) أَيْ عِيْدِ الفِطْرِ. وَيَسْتَمِرُّ هٰذَا التَّكْبِيْرُ (إِلٰى أَنْ يَدْخُلَ الْإِمَامُ فِي الصَّلَاةِ) لِلْعِيْدِ. وَلَا يُسَنُّ التَّكْبِيْرُ لَيْلَةَ عِيْدِ الْفِطْرِ عَقِبَ الصَّلَاةِ وَلٰكِنِ النَّوَوِيُّ فِي الْأَذْكَارِ اِخْتَارَ أَنَّهُ سُنَّةٌ. ثُمَّ شَرَعَ فِي التَّكْبِيْرِ الْمُقَيَّدِ فَقَالَ (وَ) يُكَبِّرُ (فِيْ) عِيْدِ (الْأَضْحٰى خَلْفَ الصَّلَوَاتِ الْمَفْرُوْضَاتِ) مِنْ مُؤَدَّاةٍ وَفَائِتَةٍ. وَكَذَا خَلْفَ رَاتِبَةٍ وَنَفْلٍ مُطْلَقٍ وَصَلَاةِ جَنَازَةٍ (مِنْ صُبْحِ يَوْمِ عَرَفَةَ إِلَى الْعَصْرِ مِنْ آخِرِ أَيَّامِ التَّشْرِيْقِ) وَصِيْغَةُ التَّكْبِيْرِ:
Terjemah:
Takbir terbagi menjadi dua: ➊ takbir mursal, yaitu takbir yang tidak dilaksanakan setelah sholat. Dan ➋ takbir muqoyyad, yaitu takbir yang dilakukan setelah pelaksanaan sholat. Mushonnif [Syeh Abu Syuja'] memulai dengan menjelaskan takbir yang pertama. Beliau berkata: (Dan membaca takbir) sebagai kesunnahan [bagi] setiap orang laki-laki, wanita, orang yang berada di rumah dan musafir [orang yang bepergian], [untuk membaca takbir] di rumah-rumah, jalan-jalan, masjid-masjid dan pasar-pasar (mulai dari terbenamnya matahari malam hari raya) maksudnya hari raya Idul Fitri. Dan kesunnahan takbir ini tetap berlangsung (hingga Imam mulai masuk dalam pelaksanaan sholat) untuk hari raya. Dan tidak disunnahkan membaca takbir setelah pelaksanaan sholat pada malam hari raya Idul Fitri. Namun Imam Nawawi dalam kitab al-Adzkar lebih memilih bahwa takbir tersebut hukumnya sunnah. Selanjutnya mushonnif [Syeh Abu Syuja'] menjelaskan takbir muqoyyad. Beliau berkata: (Dan [sunnah]) membaca takbir (di dalam) hari raya (Idul Adha setelah melaksanakan sholat-sholat fardhu) dari sholat ada' dan sholat qodlo'. Begitu juga [sunnah membaca takbir] setelah sholat rowatib, sholat sunnah mutlak dan sholat jenazah, (mulai waktu subuh hari 'Arofah hingga Ashar di akhir hari Tasyriq). Dan shighot [ungkapan/rangkaian kalimat dari] bacaan takbir adalah:
اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ لَا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ، اَللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلًا، لَا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ صَدَّقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَأَعَزَّ جُنْدَهُ وَهَزَمَ الْأحْزَابَ وَحْدَهُ.
Artinya:
Alloh Maha Besar, Alloh Maha Besar, Alloh Maha Besar. Tidak ada Tuhan selain Alloh dan Alloh Maha Besar. Alloh Maha Besar dan segala puji hanya milik Alloh. Alloh Maha Besar dengan sesungguhnya. Dan segala limpahan puji hanya milik Alloh. Maha Suci Alloh di waktu pagi dan sore. Tidak ada Tuhan selain Alloh. Alloh membenarkan janjinya, menolong hamba-Nya, memenangkan pasukan-Nya dan mengalahkan musuh-musuh-Nya dengan sendirian.

No comments:

Post a Comment

Yuk kita saling berkomentar dengan baik dan sopan untuk menumbuhkan ukhuwah dan silaturahmi sesama sahabat blogger. Terima Kasih.