Friday, September 22, 2017

ROSULULLOH SAW TELAH MENGETAHUI KEMATIAN CUCUNYA HUSAIN

Di dalam kitab Nurudh Dholam (نُوْرُ الظَّلَامِ) karya Syeh Nawawi Banten halaman 35 terdapat keterangan sebagai berikut:

وَرُوِيَ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَعْطَاهَا الْقَارُوْرَةَ الَّتِيْ فِيْهَا تُرْبَةُ مَقْتَلِ الْحُسَيْنِ وَتُرِكَتْ عِنْدَهَا. وَذٰلِكَ لَمَّا جَاءَهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جِبْرِيْلُ وَأَخْبَرَهُ أَنَّ الْحُسَيْنَ مَقْتُوْلٌ فِيْ هٰذَا التُّرَابِ وَأَرَاهُ مِنْ تُرْبَةِ الْأَرْضِ الَّتِيْ يُقْتَلُ فِيْهَا. وَشَمَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذٰلِكَ التُّرَابَ فَقَالَ: وَيْحَ كَرْبَلَاءُ. وَقَالَ لَهَا: إِذَا صَارَ هٰذَا التُّرَابُ دَمًا فَقَدْ قُتِلَ ابْنِيْ الْحُسَيْنِ. فَانْتَبَهَتْ وَقَالَتْ لِجَارِيَتِهَا: اِذْهَبِيْ إِلَى السُّوْقِ فَانْظُرْ مَا الْخَبَرُ. فَرَجَعَتْ إِلَيْهَا الْجَارِيَةُ وَقَالَتْ: قُتِلَ الْحُسَيْنُ بْنُ عَلِيٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ. اهــ
TERJEMAH:
Dan telah diriwayatkan bahwa sesungguhnya Rosululloh Saw telah memberikan sebuah botol kepada Ummu Salamah (istri Rosul) yang berisi tanah dari tempat terbunuhnya Husain. Dan botol itu ditinggalkan kepada Ummu Salamah.

Hal itu terjadi ketika Jibril datang kepada Nabi Saw dan mengabarkan bahwa Husain akan terbunuh di tanah ini, dan Jibril memperlihatkan tanah dari bumi tempat terbunuhnya husain.

Rasululloh Saw mencium tanah tersebut dan bersabda: وَيْحَ كَرْبَلَاءُ ( "Celakalah engkau wahai Karbala!"). Dan Beliau bersabda kepada Ummu Salamah: "Jika tanah ini telah menjadi darah, maka sungguh putraku Husain telah terbunuh."

Kemudian Ummu Salamah teringat dan berkata kepada budak perempuannya: "Pergilah ke pasar, lalu lihatlah ada berita apa di sana?"

Lalu budak perempuan itu kembali kepada Ummu Salamah dan berkata: "Telah terbunuh Husain bin Ali, semoga Alloh meridhoinya.

No comments:

Post a Comment

Yuk kita saling berkomentar dengan baik dan sopan untuk menumbuhkan ukhuwah dan silaturahmi sesama sahabat blogger. Terima Kasih.