Wednesday, September 27, 2017

TATAKRAMA MENDENGAR ADZAN


Disaat kita mendengar kumandang adzan, disamping menjawab setiap bacaan adzan, ada tatakrama yang lain yang terkadang kita lupa.. apa itu ? Mari kita simak uraian hadits ini..!!

مَنْ سَمِعَ النِّداَءَ فَقَبَلَ إِبْهاَمَيْهِ فَوَضَعَ عَلَى عَيْنَيْهِ وَقاَلَ مَرْحَباً بِذِكْرِ اللهِ تَعاَلىَ قُرَّةَ أَعْيُنِناَ بِكَ ياَرَسُوْلَ اللهِ فَأَناَ شَفِيْعُهُ يَوْمَ القِياَمَةِ وَقاَئِدُهُ إِلَى الجَنَّةِ.
===================
Barangsiapa mendengar kumandang adzan kemudian dia mencium kedua jempol tangannya serta di letakkan (diusapkan) pada kedua matanya sambil membaca:
مَرْحَباً بِذِكْرِ اللهِ تَعاَلىَ قُرَّةَ أَعْيُنِناَ بِكَ ياَرَسُوْلَ اللهِ
Artinya :
"Aku bahagia akan bertemu dengan dzikir kepada Allah sebagai penyejuk pandangan kami kepada-mu wahai Rosulullah."

Maka aku ( kata Nabi Muhammad SAW ) yang akan memberikan syafaat kepadanya di hari Qiyamah dan aku yang menuntunnya masuk menuju sorga

Pustaka : kitab Lubabul-Hadits karya Al-Imam Jalaluddin As-Suyuti

Sahabatku…!! Dimanapun kita berada, kapanpun kita mendengar kumandang adzan, sambutlah setiap kumandang adzan dengan baik, merasa senanglah ketika ada panggilan untuk melakukan amal ibadah. Karena kesempatan untuk melakukan amal ibadah tidak akan pernah terjadi dua kali. Karena kesempatan melakukan amal ibadah di suatu hari tidak akan pernah tergantikan di hari kapanpun juga.. ingat itu kawan…!!

No comments:

Post a Comment

Yuk kita saling berkomentar dengan baik dan sopan untuk menumbuhkan ukhuwah dan silaturahmi sesama sahabat blogger. Terima Kasih.