Tuesday, September 26, 2017

WAKTU TERJADINYA HARI KIAMAT

PERTANYAAN: 
Pak ustad, dulu waktu Madin ada guruku yg bilang kalau hari kiamat itu di hari jumat, idul fitri dan kebetulan juga ada gerhana matahari. Jadi dlm sehari ada 3x khutbah.. Pak Shofwatur Rohman pernah dengar gk? Kalau pernah ada di kitab apa ya?? (Pertanyaan dari Asep Awaluddin)

JAWAB:
Yang benar adalah: kiamat terjadi pada hari Jum'at tanggal 10 Muharom (hari 'Asyuro)

REFERENSI:

Kitab I'anatuth Tholibin (إِعَانَةُ الطَّالِبِيْنَ)  juz 2 halaman 63 :

قَالَ سَيِّدُنَا الْقُطْبُ الْغَوْثُ سَيِّدِ الْحَبِيْبُ عَبْدُ اللهِ ابْنُ عَلَوِيِّ الْحَدَّادِ: (وَاعْلَمْ) أَسْعَدَكَ اللهُ أَنَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ سَيِّدُ الْاَيَّامِ، وَلَهُ شَرَفٌ عِنْدَ اللهِ الْعَظِيْمِ وَفِيْهِ خَلَقَ اللهُ اٰدَمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ وَفِيْهِ يُقِيْمُ السَّاعَةُ.

Artinya:
Sayyid [baginda] kami, al-Qutub [seorang wali qutub] al-Ghouts [seorang wali ghouts] Habib Abdulloh 'Alawiy al-Haddad telah berkata: "Ketahuilah! Semoga Alloh memberimu keberuntungan. Sesungguhnya hari Jum'at adalah pemimpinnya hari. Ia memiliki kemuliaan di sisi Alloh yang Maha Agung. Pada hari Jum'at Alloh telah menciptakan Adam as., dan pada hari Jum'at kiamat terjadi

Kitab I'anatuth Tholibin (إِعَانَةُ الطَّالِبِيْنَ)  juz 2 halaman 302 :

وَمَنْ عَادَ مَرِيْضًا فِيْ يَوْمِ عَاشُوْرَاءَ فَكَأَنَّمَا عَادَ مَرْضٰى أَوْلَادِ آدَمَ كُلِّهِمْ. وَهُوَ الْيَوْمُ الَّذِيْ خَلَقَ اللهُ فِيْهِ الْعَرْشَ وَاللَّوْحَ وَالْقَلَمَ. وَهُوَ الْيَوْمُ الَّذِيْ خَلَقَ اللهُ فِيْهِ جِبْرِيْلَ وَرَفَعَ فِيْهِ عِيْسٰى. وَهُوَ الْيَوْمُ الَّذِيْ تَقُوْمُ فِيْهِ السَّاعَةُ.
Artinya:
Dan barang siapa menjenguk orang sakit di hari 'Asyuro (tanggal 10 Muharom) maka seakan-akan ia telah menjenguk seluruh anak adam (manusian) yang sakit. Dan hari 'Asyuro adalah hari yang Alloh telah menciptakan 'arasy, lauhul mahfudz dan qolam di dalamnya. Dan hari 'Asyuro adalah hari yang Alloh telah menciptakan malaikat Jibril dan mengangkat Nabi Isa di dalamnya. Dan hari 'Asyuro adalah hari yang di dalamnya terjadi hari kiamat.

No comments:

Post a Comment

Yuk kita saling berkomentar dengan baik dan sopan untuk menumbuhkan ukhuwah dan silaturahmi sesama sahabat blogger. Terima Kasih.