Sunday, December 6, 2015

AIR SUMUR BERBAU KARENA BANGKAI IKAN

حاشية الجمل على شرح منهج الطلاب لسليمان بن عمر الجمل الجزء ٥ صحــ ٢٧٠ مكتبة دار الفكر

)فَرْعٌ) اسْتِطْرَادِيٌّ وَقَعَ السُّؤَالُ عَنْ بِئْرٍ تَغَيَّرَ مَاؤُهَا وَلَمْ يُعْلَمْ لِتَغَيُّرِهِ سَبَبٌ ثُمَّ فُتِّشَ فِيهَا فَوُجِدَ فِيهَا سَمَكَةٌ مَيِّتَةٌ وَأُحِيلَ التَّغَيُّرُ عَلَيْهَا فَهَلْ الْمَاءُ طَاهِرٌ أَوْ مُتَنَجِّسٌ؟ وَالْجَوَابُ أَنَّ الظَّاهِرَ بَلْ الْمُتَعَيِّنُ الطَّهَارَةُ؛ لِأَنَّ مَيْتَةَ السَّمَكِ طَاهِرَةٌ وَالْمُتَغَيِّرُ بِالطَّاهِرِ لَا يَتَنَجَّسُ ثُمَّ إنْ لَمْ يَنْفَصِلْ مِنْهَا أَجْزَاءٌ تُخَالِطُ الْمَاءَ وَتُغَيِّرُهُ فَهُوَ طَهُورٌ؛ لِأَنَّ تَغَيُّرَهُ بِمُجَاوِرٍ وَإِلَّا فَغَيْرُ طَهُورٍ إنْ كَثُرَ التَّغَيُّرُ بِحَيْثُ يَمْنَعُ إطْلَاقَ اسْمِ الْمَاءِ عَلَيْهِ اهـ ع ش عَلَى م ر اهـ
Keterangan :
{Cabang masalah yang menyimpang dari bab} Ada sebuah pertanyaan mengenai sumur yang berubah airnya, dan tidak diketahui penyebeb perubahannya, lalu setelah diselidiki ternyata terdapat bangkai ikan. Apakah air itu suci atau mutanajis?
Jawab : Hukum yang pasti adalah suci, karena bangkai ikan itu suci sedangkan air yang berubah disebabkan benda suci tidak menjadikan najis. Lalu bila dari bagian tubuh bangkai ikan tidak terpisah-pisah serta bercampur baur dengan air dan tidak merubah kepada air, maka air tersebut masih mensucikan karena perubahannya disebabkan oleh benda yang berdampingan (mujawir). Dan jika bagian-bagian tubuh bangkai ikan terpisah-pisah, maka air tersebut tidak mensucikan apabila perubahannya banyak, yakni perubahan yang mencegah kemutlakan nama air.
✤✤ Syarh Mufrodat : ✤✤
(1) اسْتِطْرَادِيٌّ : Cabang yang menyimpang dari bab.
(2) فُتِّشَ : Diselidiki.
(3) مَيْتَةَ السَّمَكِ : Bangkai ikan.
=========
Sumber :
Buku REFERENSI UMUM UMAT 1 hlm: 6

No comments:

Post a Comment

Yuk kita saling berkomentar dengan baik dan sopan untuk menumbuhkan ukhuwah dan silaturahmi sesama sahabat blogger. Terima Kasih.