Sunday, December 6, 2015

TERGOLONG AIR MUTLAK ADALAH AIR KERUH JERNIH KEMBALI, KARENAPROSES KAPORIT

قرة العين بفتاوى إسمعيل الزين صحـــ : ٤٧

فَالْجَوَابُ وَاللهُ الْمُوَفِّقُ لِلصَّوَابِ أَنَّ تَغَيُّرَ الْمَاءِ بِالْكَدُوْرَاتِ وَنَحْوِهَا مِنَ الْأَشْيَاءِ الطَّاهِرَةِ لَا يَسْلُبُ طَهُوْرِيَّتَهُ وَإِنْ تَغَيَّرَ رِيْحُهُ فَيَبْقٰى طَاهِرًا مُطَهِّرًا عَلٰى الْأَصْلِ وَإِذَا عُوْلِجَ بِمَا ذُكِرَ فِي السُّؤَالِ مِنَ الْأَدْوِيَةِ لِتَصْفِيَّتِهِ كَانَ ذٰلِكَ نَوْعَ تَرَفُّهٍ لِأَجْلِ التَّنْظِيْفِ لَا لِأَجْلِ التَّطْهِيْرِ بِشَرْطِ أَنْ تَكُوْنَ تِلْكَ الْأَدْوِيَةُ غَيْرَ نَجِسَةٍ وَحِيْنَئِذٍ فَيَصِحُّ الْوُضُوْءُ وَسَائِرُ اَنْوَاعِ الطَّهَارَةِ بِالْمَاءِ الْمَذْكُوْرِ قَبْلَ الْمُعَالَجَةِ أَوْ بَعْدَهَا اهــ
Keterangan :
Sesungguhnya perubahan sifat air disebabkan benda-benda suci yang menjadikan keruh, hal itu tidak sampai merusak kesuciannya, walaupun baunya berubah, maka air tersebut tetap dalam keadaan suci lagi mensucikan. Dan ketika air tersebut diproses dengan benda-benda suci yang berfungsi menjernihkan (seperti kaporit), maka hal tersebut hanyalah semacam kesenangan untuk kebersihan bukan untuk mensucikan, dengan catatan benda-benda [yang berfungsi menjernihkan] tersebut tidak najis. Dan dengan cara itu maka sah berwudlu dan macam-macam bersuci yang lain, dengan menggunakan air tersebut, baik sebelum diproses maupun stelah diproses.

✤✤ Syarh Mufrodat (Penjelasan Kosa Kata) : ✤✤
(1) اَلْكَدُوْرَاتُ : Benda-benda yang menyebabkan keruh pada air.
(2) تَرَفُّهٌ : Kesenangan.
(3) اَلْمُعَالَجَةُ : Proses.
(4) تَصْفِيَّتِهِ : Keadaan jernih.
(5) أَنْوَاعِ الطَّهَارَةِ : macam-macam bersuci.
(6) اَلْأَدْوِيَةُ : Beberapa obat.


No comments:

Post a Comment

Yuk kita saling berkomentar dengan baik dan sopan untuk menumbuhkan ukhuwah dan silaturahmi sesama sahabat blogger. Terima Kasih.