Saturday, December 19, 2015

BILANGAN KOMPLEKS 5

Penjumlahan Bilangan Kompleks Secara Grafis
Marilah kita jumlahkan z1 = 5 + j2 dan z= 2 + j3 dengan menggunakan diagram Argand. Jika kita menambahkan vektor-vektor, vektor-vektor tersebut haruslah digambar seperti rantai. Oleh sebab itu kita tari dari ujung z1,sebuah vektor AP yang mewakili z2 dalam magnitudo dan arah, yakni AP = OB dan sejajar dengannya. Oleh sebab itu, OAPB merupakan jajaran-genjang. Dengan demikian jumlah z1 dan z2 diberikan oleh vektor yang menghubungkan titik awal dengan ujung vektor terakhir, yaitu OP.

Bilangan kompleks z1 dan z2 dengan demikian dapat dijumlahkan dengan cara menggambar diagonal dari jajaran-genjang yang dibentuk oleh z1 dan z2.
Jika OP mewakili bilangan kompleks a + jb, berapakah nilai a dan b dalam hal ini?

a = 5 + 2 = 7; b = 2 + 3 = 5
∴ OP = z = 7 + j5
Anda dapat memeriksa hasil ini dengan menambahkan (5 + j2) dan (2 + j3) secara aljabar.
Jadi jumlah dari kedua vektor itu pada diagram Argand diberikan oleh diagonal dari jajaran-genjang vektor-vektor tersebut.
Bagaimana kita melakukan pengurangan dengan cara yang sama? Kita melakukan pengurangan ini secara cerdik tanpa harus mempelajari metode yang baru. Kiatnya hanya seperti ini:
        z1 - z2 = z1 + (-z2)
Dengan kata lain, kita menggambar vektor yang mempresentasikan z1 dan vektor negatif dari z2 serta menambahkan keduanya seperti sebelumya. Vektor negatif z2 hanyalah berupa vektor dengan magnitudo (atau panjang) yang samadan  dengan z2 tetapi dengan arah yang berlawanan.

Sebagai contoh, jika z1 = 5 + j2 dan  z = 2 + j3
vektor OA = z1 = 5 + j2
               OP =  -z = -(2 + j3)
Maka OQ = z1 + (-z2)
                      = z1 - z2 

Tentukanlah pada diagram Argand
(4 + j2) + (-2 + j3) - (-1 + j6)








OA =  z1 = 4 + j2
OB = z2 =  -2 + j3
OC = -z3 = 1 -  j6 
Maka OP = z1 + z2
          OQ = z1 + z2 - z3 = 3 - j.

No comments:

Post a Comment

Yuk kita saling berkomentar dengan baik dan sopan untuk menumbuhkan ukhuwah dan silaturahmi sesama sahabat blogger. Terima Kasih.