Sunday, December 6, 2015

YANG PERTAMA KALI MELAKUKAN SHOLAT DZUHUR

سلم المناجاة للشيخ محمد نووي الجاوي صحـ: ٥٩-٦٠ ڤوستكا ممڤير

وَأَوَّلُ مَنْ صَلَّى الظُّهْرَ إِبْرَاهِيْمُ عَلَيْهِ السَّلَامُ حِيْنَ أَمَرَهُ اللهُ تَعالٰى بِذَبْحِ وَلَدِهِ إِسْمَاعِيْلَ ثُمَّ بِذَبْحِ فِدَائِهِ وَذٰلِكَ حِيْنَ زَوَالِ الشَّمْسِ فَصَلَّى أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ رَكْعَةً لِلشُّكْرِ عَلَى الْفِدَاءِ وَرَكْعَةً لِلشُّكْرِ عَلَى ذِهَابِ حُزْنِهِ عَلَى وَلَدِهِ وَرَكْعَةً لِطِلَبِ رِضَا اللهِ تَعَالٰى عَلَيْهِ وَرَكْعَةً لِحُصُوْلِ النِّعْمَةِ وَهِيَ الْكَبْشُ الْمُنَزَّلُ مِنَ الْجَنَّةِ وَهِيَ كَبْشُ هَابِيْلَ. اهــ
Keterangan:
Dan manusia yang pertama kali melakukan sholat Dzuhur adalah Nabi Ibrohim AS, di saat Alloh memerintahkannya untuk menyembelih putranya Isma'il AS, lalu diganti dengan penyembelihan tebusannya, dan hal itu terjadi ketika tergelincirnya matahari dari tengah langit.
Lalu Beliau (Nabi Ibrohim AS) melakukan sholat 4 (empat) roka'at dengan tujuan:
 satu roka'at untuk bersyukur atas tebusan yang telah diberikan oleh Alloh SWT,
 satu roka'at untuk bersyukur atas hilangnya kesedihan Beliau karena menyusahi putranya,
 satu roka'at untuk mencari ridho Alloh SWT,
dan
 satu roka'at untuk bersyukur karena mendapat kenikmatan, yaitu kambing gibas yang diturunkan dari surga, kambing gibas tersebut adalah kambing yang dipakai qurban oleh Habil (putranya Nabi Adam AS).



No comments:

Post a Comment

Yuk kita saling berkomentar dengan baik dan sopan untuk menumbuhkan ukhuwah dan silaturahmi sesama sahabat blogger. Terima Kasih.