Sunday, December 6, 2015

KISAH MAYAT YANG DIMAKAN ULAR


درة الناصحين في الوعظ والإرشاد تأليف عثمان بن حسن بن أحمد الشاكر الخوبوي صــ: ١٤٠
مَاتَ فِيْ زَمَنِ أَبِيْ بَكْرٍ الصِّدِّيْقِ رَجُلٌ، فَقَامُوْا إِلَى الصَّلَاةِ عَلَيْهِ فَإِذًا اَلْكَفَنُ يَتَحَرَّكُ فَنَظَرُوْا فَوَجَدُوْا حَيَّةً مُطَوَّقَةً فِيْ عُنُقِهِ تَأْكُلُ لَحْمَهُ وَتَمُصُّ دَمَهُ فَأَرَادُوْا قَتْلَهَا، فَقَالَتِ الْحَيَّةُ لَا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ مُحَمَّدٌ الرَّسُوْلُ اللهِ لِمَ تَقْتُلُوْنِيْ وَلَيْسَ لِيْ ذَنْبٌ وَلَا خَطَأٌ ؟ فَإِنَّ اللهَ تَعَالٰى أَمَرَنِيْ أَنْ أُعَذِّبَهُ إِلٰى يَوْمِ الْقِيٰمَةِ، فَقَالُوْا مَا خَطَايَاهُ ؟ قَالَتْ ثَلَاثُ خَطَايَا : اَلْأُوْلٰى كَانَ إِذَا سَمِعَ الْأَذَانَ لَا يَجِيْءُ الْجَمَاعَةَ. وَالثَّانِيَةُ لَا يُخْرِجُ الزَّكَاةَ مِنْ مَالِهِ. وَالثَّالِثَةُ لَا يَسْمَعُ قَوْلَ الْعُلَمَاءِ وَهٰذَا جَزَاءُهُ ﴿مِنَ الِمَرْسُوْمِ﴾
✧✧TERJEMAH:✧✧
Di zaman pemerintahan Abu Bakar ash-Shiddiq, pernah ada seorang laki-laki yang meninggal dunia. Maka orang-orang bangkit untuk menyalatinya. Namun, tiba-tiba kain kafannya bergerak-gerak. Mereka memeriksa dan ternyata ada seekor ular yang melilit pada lehernya sambil memakan dagingnya dan menghisap darahnya. Maka mereka hendak membunuh ular itu, lalau tiba-tiba ular itu berkata:
لَا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ مُحَمَّدٌ الرَّسُوْلُ
 
"Tiada Tuhan selain Alloh, Muhammad utusan Alloh".
"Kenapakah kalian hendak membunuhku, padahal aku tiada berdosa dan tidak pula bersalah? Sesungguhnya Alloh Ta'ala telah memerintahkan aku untuk menyiksa orang ini sampai hari kiamat".
Mereka bertanya: "Apa kesalahan-kesalahannya?" Jawab ular itu: "Ada tiga kesalahan:
 Apabila mendengar adzan, dia tidak mendatangi jama'ah.
 Dia tidak mengeluarkan zakat dari harta-hartanya.
 Dan dia tidak mau mendengarkan perkataan para Ulama'.
Dan inilah balasannya". (Dari al-Marsum).
✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧
SUMBER: 
Kitab DURROTUN NASHIHIN halaman 140 Majlis ke-38

No comments:

Post a Comment

Yuk kita saling berkomentar dengan baik dan sopan untuk menumbuhkan ukhuwah dan silaturahmi sesama sahabat blogger. Terima Kasih.