Sunday, December 6, 2015

MEMBUAT PATUNG


أَشَدُّ النَّاسِ عَذَابًا عِنْدَ اللهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ الَّذِيْنَ يُضَاهُوْنَ بِخَلْقِ اللهِ. (رواه البخارى ومسلم(

Artinya:
Orang-orang yang paling keras azabnya di sisi Alloh pada hari kiamat adalah orang-orang yang menyaingi ciptaan Alloh. (Riwayat Bukhori dan Muslim).
PENJELASAN:
يُضَاهُوْنَ بِخَلْقِ اللهِ, orang-orang yang menyaingi ciptaan Alloh. Makna yang dimaksud adalah orang-orang yang membuat patung-patung dan gambar-gambar makhluk yang bernyawa, kecuali bila untuk mainan, seperti boneka dan barang mainan lainnya, maka tidak termasuk yang diancam oleh hadis ini.
Dalam hadis lain disebutkan bahwa mereka kelak di hari kiamat diperintahkan untuk meniupkan roh kepada barang buatannya itu, tetapi mereka jelas tidak mampu melakukannya; akhirnya mereka disiksa dengan siksaan yang pedih.
Akan tetapi sebagian ulama' Fiikih mengatakan bahwa jika gambar atau patung tersebut hanya separuh badan, maka tidak apa-apa karena tidak dapat hidup hanya dengan separuh badan. Mereka mengatakan demikian karena engingat illat pengharaman yang dikemukakan oleh nash-nash menunjukkan bila bernyawa.
==========
Sumber: "TERJEMAH SYARAH MUKHTAARUL AHAADIITS" hal: 135-136. Pen: Sinar Baru Algensindo Bandung


No comments:

Post a Comment

Yuk kita saling berkomentar dengan baik dan sopan untuk menumbuhkan ukhuwah dan silaturahmi sesama sahabat blogger. Terima Kasih.