Thursday, December 17, 2015

DEFINISI ULIL AMRI



الادب النبوي صحــ ٩٦
أُولُوْ الْأَمْرِ هُمُ الَّذِيْنَ وُكِّلَ إِلَيْهِمُ الْقِيَامُ بِالشُّئُوْنِ الْعَامَّةِ وَالْمَصَالِحِ الْمُهِمَّةِ فَيَدْخُلُ فِيْهِمْ كُلُّ مَنْ وَلّٰى أَمْرًا مِنْ أُمُوْرِ الْمُسْلْمِيْنَ: مِنْ مَلِكٍ وَوَزِيْرٍ وَرَئِيْسٍ وَمُدِيْرٍ وَمَأْمُوْرٍ وَعُمْدَةٍ وَقَاضٍ وَنَائِبٍ وَضَابِطٍ وَجُنْدِيٍّ. وَقَدْ أَوْجَبَ الرَّسُوْلُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلٰى كُلِّ مُسْلِمٍ السَّمْعَ لِأَوَامِرِ هٰؤُلَاءِ وَالْمُبَادَرَةِ إِلٰى تَنْفِيْذِهَا سَوَاءٌ اَكَانَتْ مَحْبُوْبَةً لَهُ أَمْ بَغِيْضَةً لَهُ. اهـــ


Keterangan :
Ulil amri adalah orang-orang yang diberi mandat mengurusi urusan-urusan yang bersifat umum, dan kemaslahatan-kemaslahatan yang bersifat penting. Dan termasuk katagori ulil amri adalah setiap orang yang bertugas mengatur urusan umat islam sepertti raja, perdana mentri, pemimpin, direktur, petugas, pegawai, wali kota, hakim, asisten, perwira, pengatur ketertiban dan prajurit. Dan sungguh Rosululloh saw, telah mewajibkan atas setiap orang islam untuk taat dan tunduk kepada perintah-perintah mereka, dan segera merealisasikannya baik perintah tersebut disenangi maupun tidak disenangi.
✤✤ Syarh Mufrodat : ✤✤
(1) الشُّئُوْنِ الْعَامَّةِ : Urusan-urusan yang bersifat umum.
(2) الْمَصَالِحِ الْمُهِمَّةِ : Kemaslahatan-kemaslahatan yang bersifat penting.
(3) وَزِيْرٍ : Perdana mentri.
(4) وَلّٰى أَمْرًا : Mengatur urusan.
(5) عُمْدَةٍ : Wali kota.
(6) ضَابِطٍ : Perwira, pengatur ketertiban.
==========
Buku "MARJI'UL AKBAR 2" hal: 199

No comments:

Post a Comment

Yuk kita saling berkomentar dengan baik dan sopan untuk menumbuhkan ukhuwah dan silaturahmi sesama sahabat blogger. Terima Kasih.