Wednesday, December 30, 2015

INTEGRAL DARI f'(x)/f(x) DAN f(x).f'(x)


Tinjaulah integral  Integral ini bukan salah satu dari integral standar yang telah kita bahas,jadi bagaimanakah cara kita menyelesaikannya? Integral ini adalah salah satu contoh integral yang sangat mudah untuk diselesaikan tetapi sangat bergantung pada ketajaman pikiran Anda.
     Anda akan melihat bahwa jika kita mediferensiasikan penyebutnya, kita akan memperoleh pembilangnya. Jadi, misalkan z sebagai penyebutnya, yatu z = x2 + 3x - 5.
Jadi integral tersebut dapat dinyatakan dalam z:
dan kita tahu bahwa 
                               
Jika kita kembalikan z sebagai fungsi dari x, kita akan memperoleh:
              
Semua integral yang pembilangnya merupakan turunan dari penyebutnya akan berbentuk
Sebagai contoh  akan berbantuk  karena  yang artinya adalah turunan dari penyebutnya muncul sebagai pembilangnya. Oleh karena itu kita dapat mengatakan secara langsung bahwa:
     
Dengan cara yang serupa
       
dan 
dan 
                         

Oleh karenanya kita akan selalu mendapatkan bentuk log ini dalam hasilnya, setiap kali pembilangnya merupakan turunan dari penyebutnya, atau kelipatannya. Berikut ini adalah contoh lain:
dan karena kita tahu bahwa cos x adalah turunan dari sin x, maka:
Dengan cara yang sama:
  
                  
Tiap kali kita dihadapkan dengan integral yang berbentuk pecahan, reaksi kita yang pertama adalah melihat apakah pembilangnya adalah turunan dari penyebutnya atau tidak. Jika ya, hasilnya tak lain adalah logaritma dari penyebutnya:
Sebagai contoh 
                         
Berikut ini adalah soal-soal untuk Anda kerjakan:
Di bawah ini adalah hasil-hasilnya: periksalah dengan hasil pekerjaan Anda!
Dengan cara yang hampir serupa, kita kadang-kadang menemukan integral seperti:
Tentunya integral ini bukan suatu hasil bagi tetapi suatu hasilkali. Meskipun demikian kita perhatikan bahwa salah satu fungsi (sec2 x) dari hasilkali tersebut adalah turunan dari fungsi yang lainnya (tan x).
     Jika kita misalkan z = tan x, maka dz  sec2 x dx dan integralnya dapat ditulis sebagai
yang menghasilkan 
Dengan demikian kita memperoleh suatu hasilkali yang salah satu faktornya merupakan turunan dari faktor yang satu lagi. Kita dapat menulisnya sebagai:
Integral ini mirip dengan
yang menghasilkan 
Lanjutkan ke frame berikutnya

Di bawah ini adalah satu contoh lagi yang mirip dengan contoh di atas:
yaitu seperti 
Satu-satunya hal yang harus Anda perhatikan adalah bahwa salah satu faktor dari hasil kalinya adalah turunan dari faktor yang satu lagi, atau merupakan kelipatannya.
Contoh 1
Contoh 2
Contoh 3
                                    
Berikut ini adalah latihan revisi singkat untuk Anda. Selesaikanlah keempat-empatnya dan kemudian periksalah jawaban Anda di frame berikutnya
Jawaban ada di Frame 20
 Perhatikan bahwa pembilangnya adalah turunan dari
                                                         penyebutnya, yaitu 
       
Anda harus selalu siap untuk integral-integral tipe ini. Integral-integral semacam ini seringkali menyebabkan kita kehilangan akal, tetpi sebenarnya sangat mudah jika Anda sedikit berkosentrasi.


No comments:

Post a Comment

Yuk kita saling berkomentar dengan baik dan sopan untuk menumbuhkan ukhuwah dan silaturahmi sesama sahabat blogger. Terima Kasih.