Sunday, December 6, 2015

KRITERIA HUKUM MAKRUH MEMAKAI AIR MUSYAMMAS DI DALAM BERSUCI

نهاية الزين في إرشاد المبتدئين لمحمد بن عمر بن علي بن نووي الجاوي أبو عبد المعطي صحـــ ١٦
وَثَانِيْهَا: مَاءٌ طَاهِرٌ فِي نَفْسِهِ مُطَهِّرٌ لِغَيْرِهِ مَكْرُوْهٌ اِسْتِعْمَالُهُ، وَهُوَ الْمَاءُ الْمُطْلَقُ الْمُتَشَمِّسُ.وَلِكَرَاهَةِ اسْتِعْمَالِهِ تِسْعَةُ شُرُوْطٍ: اَلْأَوَّلُ: أَنْ يَكُوْنَ بِبَلَدٍ حَارٍّ كَبِلَادِ الْحِجَازِ غَيْرِ الطَائِفِ، بِخِلَافِ الْبَارِدِ كَبِلَادِ الشَّامِ غَيْرِ حِرَانَ. وَالْمُعْتَدِلِ كَبِلَادِ مِصْرَ وَالْجَاوَهِ. فَلَا يُكْرَهُ اِسْتِعْمَالُالْمُتَشَمِّسِ فِيْهَا. اَلثَّانِي: أَنْ تُنْقِلَهُ الشَّمْسُ مِنْ حَالَةٍ إِلَى أُخْرَى بِحَيْثُ تَنْفَصِلُ مِنْهُ زُحُوْمَةٌ تَعْلُو الْمَاءَ، بِخِلَافِ مُجَرَّدِ انْتِقَالِهِ مِنَ الْبُرُوْدَةِ إِلَى الْحَرَارَةِ حَيْثُ لَمْ يَصِلْ إِلَى هٰذِهِ الْحَالَةِ. اَلثَّالِثُ: أَنْ يَكُوْنَ فِيْمَا يَنْطَبِعُ غَيْرِ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ: كَالْحَدِيْدِ وَالنُّحَاسِ وَنَحْوِهِمَا، بِخِلَافِ مَا لَوْ كَانَ غَيْرَ مُنْطَبِعٍ كَالْفَخَّارِ، أَوْ فِي مُنْطَبِعٍ مِنَ الذَّهَبِ أَوِ الْفِضَّةِ فَلَا كَرَاهَةَ. اَلرَّابِعُ: أَنْ يُسْتَعْمَلَ فِي حَالِ حَرَارَتِهِ بِخِلَافِ مَا لَوْ تَرَكَهُ حَتَّى زَالَتْ حَرَارَتُهُ. اَلْخَامِسُ: أَنْ يَكُوْنَ اِسْتِعْمَالُهُ فِي الْبَدَنِ وَلَوْ شُرْبًا، وَلَوْ كَانَ بَدَنَ أَبْرَصَ أَوْ مَيِّتٍ أَوْ حَيَوَانٍ غَيْرِ آدَمِيٍّ حَيْثُ كَانَ يُدْرِكُهُ الْبَرَصُ كَالْخَيْلِ. اَلسَّادِسُ: أَنْ يَكُوْنَ تَشَمُّسُهُ فِي زَمَنِ الْحَرِّ كَالصَّيْفِ، بِخِلَافِ الزَّمَنِ الْبَارِدِ أَوِ الْمُعْتَدِلِ. اَلسَّابِعُ: أَنْ يَجِدَ غَيْرَهُ. اَلثَّامِنُ: أَنْ يَكُوْنَ الْوَقْتُ مُتَّسِعًا، فَإِنْ ضَاقَ الْوَقْتُ أَوْ لَمْ يَجِدْ غَيْرَ الْمُتَشَمِّسِ فَلَا كَرَاهَةَ فِي اسْتِعْمَالِهِ بَلْ يَجِبُ اِسْتِعْ مَالُهُ إِلَّا إِذَا تَحَقَّقَ الضَّرَرُ أَوْ ظَنَّهُ فَيَحْرُمُ اِسْتِعْمَالُهُ بَلْ يَتَيَمَّمُ. اَلتَّاسِعُ: أَنْ لَا يَتَحَقَّقَ الضَّرَرُ أَوْ يَظُنُّهُ وَإِلَّا حَرُمَ اِسْتِعْمَالُهُ كَمَا تَقَدَّمَ اهـــ
Keterangan : Bagian air yang kedua adalah air suci lagi mensucikan namun makruh digunakan, yaitu air mutlak yang terkena sinar matahari. Sedangkan syarat hukum makruh pemakaiannya ada sembilan :
1.  Berada di Negeri yang panas seperti Negeri Hijaz selain Thaif. Berbeda dengan Negeri yang punya suhu dingin seperti negeri Syam (Syiria) selain tanah Hiran, dan negeri yang punya suhu tropis (sedang) seperti negeri Mesir dan Jawa, maka tidak berlaku hukum makruh memakai air musyammas di negeri tersebut.
2.  Ada karat yang dapt dipindah oleh sinar matahari dari satu keadaan menuju keadaan yang lain dengan suhu panas tersebut, sekira karat naik ke permukaan air. Artinya tidak makruh jika hanya perpindahan dari dingin ke panas yang tidak sampai pada keadaan tersebut.
3.   Berada di wadah yang menerima untuk dipalu (alumunium) selain emas dan perak seperti besi, tembaga, dll. Artinya tidak ada hukum makruh jika wadah yang digunakan tidak bisa menerima untuk dipalu, seperti keramik atau tembikar, atau wadah dari emas.
4. Digunakan dalam keadaan panas, artinya tidak makruh jika dibiarkan sejenak sehingga menjadi dingin.
5. Digunakan di badan walaupun untuk diminum atau dipakai untuk badannya orang yang terjangkit penyakit lepra, atau bahkan mayat, ataupun hewan (bukan manusia) ketika terserang penyakit lepra, seperti kuda.
6.  Terkena matahari di musim panas seperti musim kemarau, maka tidak makruh waktu dingin atau sedang.
7.     Menemukan air yang lain.
8.  Waktu sholat masih luas. Bila waktu sholat sempit atau tidak menjumpai yang lain, maka tidak makruh memakai air musyammas, bahkan wajib memakainya kecuali nyata atau punya asumsi kuat timbulnya bahaya, maka haram memakainya, namun ia wajib bertayammum.
9.     Tidak nyata atau tidak punya asumsi timbulnya bahaya, dan apabila nyata timbulnya bahaya maka haram menggunakannya (bukan lagi makruh).
✤✤ Syarh Mufrodat : ✤✤
(1) الْمُتَشَمِّسُ : Air yang terkena sinar matahari.
(2) بَلَدٌ حَارٌّ : Negeri yang punya suhu panas.
(3) الْبَارِدِ : Negeri yang punya suhu dingin.
(4) الْمُعْتَدِلِ : Negeri yang punya suhu tropis (sedang).
(5) زُهُوْمَةٌ : Karat.
(6) مُنْطَبِعٌ : Wadah yang menerima untuk dipalu (alumunium).
(7) اَلْبَرَصُ : Penyakit lepra.
=========
Sumber :
Buku REFERENSI UMUM UMAT 1 hlm: 8


No comments:

Post a Comment

Yuk kita saling berkomentar dengan baik dan sopan untuk menumbuhkan ukhuwah dan silaturahmi sesama sahabat blogger. Terima Kasih.